Vol 1 No 1 (2015): March
Islamic Education Method

Study on the Development of Science Learning Modules Based on Islamic Science Integration on the subject of Reproductive Systems for Grade 9 Madrasah Tsanawiyah
Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah


Faiz Hamzah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Picture in here are illustration from public domain image or provided by the author, as part of their works
Published September 28, 2015
Keywords
  • Developing,
  • Learning Module,
  • Science,
  • Islamic Integration-Science
How to Cite
Hamzah, F. (2015). Study on the Development of Science Learning Modules Based on Islamic Science Integration on the subject of Reproductive Systems for Grade 9 Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41-54. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.163

Abstract

Develop integrative learning materials between Islam and Science in the science subjects is an attempt to bring science-based values in an effort to improve and raise the awareness of students on the aspects of intellectual, emotional and spiritual. This is done so that the impression of general subjects that have not contributed to moral and character education to increase faith and piety learners are not proven. Therefore, using the model of Dick and Lou Carey in the design of scientific development, integrative Islam and Science approach philosophical dimension as a foundation and Integration dyadic Dialogic, this study was conducted to address issues of common subjects who did not leave sumabngsih to the formation of character and morality

References

  1. Abdullah, Amin, dkk. 1994.Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Bandung: Rineka Cipta.
  2. Abin, Syamsuddin. 2005. Psikologi Pendidikan; Perangkat Suatu Pengajaran Modul.Bandung : Rosdakarya.
  3. Ahmadi, Abu, et.al. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
  4. Ahmad Barizi, 2011, Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN maliki Press.
  5. Bagir, Zainal Abidin. 2005. Integrasi Ilmu dan Agama, Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan.
  6. Borg, walter R dan Meredith Damien Gall. 1989. Education Reserach. New York: Longman.
  7. Daradjat, Zakiah. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Dick Walter and Lou Carey. 1978. The Systematic Design of Instruction.Scott, Foresman and Company. USA.
  9. Depdikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum :Materi Pelatihan Guru Implementasi kurikulum 2013 SMP/MTs IPA. Kemendikbud Jakarta. www.google.com, diakses tanggal 16 november 2013
  10. Depag, 2005.Pedoman Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) dalam pembelajaran. Jakarta; www.google.com, Diakses tanggal 7 November 2013.
  11. Yuliawati, dkk. 2013. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, UIN Sunan Kalijaga. Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Inregrasi Islam – Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta.www.google.com, diakses tanggal 11 agustus 2013.
  12. Fahyuni, Eni F. 2013, Pengembangan Media Cerita Bergambar Aplikasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pokok Bahasan Sedekah Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Sidoarjo. Tesis. Program Studi S-2 Magister Pendidikan Islam. Umsida Sidoarjo, tidak diterbitkan.
  13. Hamdan Husien Batubara. 2013. Studi Integrasi Sains dan Islam.www.google.com, Diakses tanggal 14 Juni 2013.
  14. Hartono, 2012, Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah.Tesis. Program Studi S2 PGMI, UIN Maliki Malang, tidak diterbitkan. http//www.digilib UIN-malang.com, www.google.com, diakses tanggal 22 juni 2013.
  15. Husni Thoyyar. Model-model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam, www.google.com, Diakses tanggal 1 Mei 2012.
  16. Jamal, Abdul Basith &Jamal, Daliya Shadiq. 2000. Ensiklopedi Petunjuk Sains Dalam Al- Quran dan Sunnah. Penerjemah:Ahrul Tsani Fathurahman, Lc. Jakarta.
  17. Karwadi.2008. Integrasi Paradigma Sains dan Agama dalam Pembelajaran Akidah. Jurnal Penelitian Agama, VOL XVII, No. 3 Sept-Desember 2008. www.google.com, Diakses tanggal 7 November 2013.
  18. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Struktur kurikulum, Kompetensi inti, Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). 2013. Jakarta. www.google.com, diakses 22 juni 2013.
  19. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 68 tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah. www.google.com, diakses tanggal 16 november 2013.
  20. Maksudin. 2013. Pendidikan karakter Non Dikotomik.FTK UIN Sunan Kalijaga Cetakan ke 1.Yogyakarta.
  21. Maman Kh, Urgensi Memadukan Kembali Sains dan Teknologi Dengan Islam, http://www.pusbangsitek.com diakses tanggal 15Juni 2013.
  22. Mujib, Abdul dan Mudzakkir.2006.Ilmu Pendidikan Islam :Telaah Atas Kerangka Konseptual Pendidikan Islam. Kencana Prenada Mediagroup. Jakarta.
  23. Purwanto, Ngalim. 1993. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. PT. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  24. Husni Thoyyar, Model-model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam, www.google.com. Diakses tanggal 1 Mei 2012.